Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Investasi Jangka Pendek yang Aman dan Menguntungkan bagi Pemula

Investasi adalah aktivitas menempatkan modal baik berupa uang atau aset berharga lainnya ke dalam suatu benda, lembaga, atau suatu pihak dengan harapan kelak akan mendapatkan keuntungan pada waktu tertentu. Dalam berinvestasi, untung dan rugi adalah dua sisi mata uang yang sama, risiko rendah berarti keuntungan yang diharapkan rendah, sedangkan untung yang tinggi biasanya disertai dengan risiko tinggi.

Investasi dapat dibagi menjadi 3 bagian berdasarkan tingkat risiko maupun jangka waktunya, yaitu:

1. Investasi jangka pendek

Investasi ini dilakukan dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun, tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan seperti menikah, liburan, kebutuhan dana darurat, dan lain sebagainya.

2. Investasi jangka menengah

Investasi ini dilakukan dalam jangka waktu 1 tahun hingga 5 tahun, tujuannya adalah untuk melanjutkan pendidikan, mempersiapkan uang muka rumah, dan lain sebagainya.

3. Investasi jangka panjang

Investasi ini dilakukan dalam jangka waktu lebih lama, yakni lebih dari 5 tahun. Investasi ini sangat cocok buat yang memiliki tujuan keuangan masa depan, seperti membeli rumah, biaya pendidikan anak, dana pensiun, dan lain sebagainya.


Investasi Jangka Pendek bagi Pemula

Investasi jangka pendek dilakukan dengan menyetorkan sejumlah dana untuk dikelola dalam jangka waktu yang singkat, sehingga dana dapat dicairkan dalam kurun waktu yang pendek. Produk investasi yang sering dipakai adalah yang mudah dicairkan, oleh karena itu jenis investasi ini memiliki tingkat risiko lebih rendah dibandingkan dengan investasi jangka panjang.

Dengan investasi jangka pendek, seseorang akan belajar untuk mengelola hasil investasinya dalam tempo yang relatif singkat. Adapun pilihan untuk memakai produk investasi jangka pendek adalah karena dananya sudah pasti akan digunakan dalam waktu dekat. Oleh karena itu, hindari menaruh dana investasi jangka pendek pada instrumen berisiko tinggi seperti saham. Karena jika kita butuh dana tersebut dan ternyata nilai sahamnya lagi turun, maka kita akan rugi saat mencairkannya.


Jenis-jenis Investasi Jangka Pendek

Berikut ini jenis-jenis investasi jangka pendek:

  1. Deposito
  2. Reksa Dana
  3. Peer-to-peer (P2P) Lending






Posting Komentar untuk "Investasi Jangka Pendek yang Aman dan Menguntungkan bagi Pemula"