Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Saham?

Saham adalah sebuah surat bukti kepemilikan modal sebuah perusahaan, pemilik saham juga memiliki hak atas sebagian aset perusahan. Semakin besar jumlah saham yang dimiliki, maka semakin besar pula kekuasaan di perusahaan tersebut.

Contoh jika suatu perusahaan menerbitkan 2.000 lembar saham dan ada orang yang memiliki 600 lembar saham, maka berarti orang tersebut memiliki 30% aset di perusahaan tersebut. Saham dapat diartikan sebagai tanda penyertaan modal seseorang atau badan usaha dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan memiliki saham perusahaan tersebut, maka pihak tersebut berhak mendapatkan pendapatan perusahaan, aset perusahaan, dan hadir untuk mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).


Jenis-Jenis Saham

Ada 2 tipe saham, yaitu saham biasa (common stock) dan saham preferen (preferred stock).

1. Saham biasa

Saham biasa adalah jenis saham yang seluruhnya dapat diperjualbelikan secara umum dan pemilik saham ini adalah pihak yang paling terakhir memperoleh pembagian dividen dan hak atas harta kekayaan perusahaan jika perusahaan tersebut bangkrut. Kenapa bisa begitu? Karena pemegang saham biasa tidak memiliki hak-hak istimewa seperti pemegang saham preferen. Pemilik saham biasa juga akan didahulukan ketika perusahaan hendak menerbitkan saham baru.

2. Saham preferen

Saham preferen adalah jenis saham yang memberikan prioritas lebih kepada pemilik saham atas aset dan laba perusahaan. Saham preferen merupakan gabungan antara obligasi dan saham biasa yang bisa menghasilkan pendapatan tetap bagi pemilik saham ini. Pemilik saham preferen akan mendapatkan dividen lebih dulu dibanding pemegang saham biasa.


Cara Membeli Saham

Berikut ini langkah-langkah atau tahapan membeli saham:

  • Anda harus mendaftar menjadi nasabah pada perusahaan sekuritas, pendaftaran bisa dilakukan dengan mendatangi kantor perusahaan sekuritas terdekat atau bisa mendaftar melalui online.
  • Isi formulir pendaftaran sebagai investor pasar modal.
  • Anda harus menyetorkan dana awal ke Rekening Dana Investor atau RDI, setiap perusahaan sekuritas memiliki ketentuan yang berbeda-beda untuk besaran dana awal yang harus disetorkan.
  • Jika pendaftaran telah berhasil diproses, maka investor akan memperoleh User ID, Password dan PIN Tranksaksi untuk akses masuk ke akun dashboard milik perusahaan sekuritas.


Posting Komentar untuk "Apa itu Saham?"