Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bayar Tol Tidak Pakai Kartu Lagi, Ini Penggantinya

Teknologi pembayaran biaya jalan tol yang baru akan diterapkan oleh Pemerintah pada akhir tahun ini. Sistem pembayaran tol tanpa menggunakan kartu ini akan menggunakan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF).

"Mulai akhir tahun ini, kita akan memperkenalkan transaksi nirsentuh dengan menggunakan teknologi onboard unit yang terhubung dengan satelit sehingga masyarakat bisa langsung melewati gate tol tanpa perlu berhenti dulu untuk tapping e-money," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit dalam keterangan tertulis Maret Lalu.

Sistem MLFF sendiri menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dan melakukan transaksi melalui aplikasi khusus jalan tol di smartphone.

Dengan menggunakan teknologi ini GPS akan menentukan lokasi yang di-determinasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di central system. Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif.

Dengan diimplementasikannya sistem ini maka pengguna jalan tol tidak perlu berhenti untuk melakukan proses pembayaran dan kendaraan dapat terus berjalan seperti biasa. Sehingga tidak ada lagi antrean pada gerbang tol dan mempersingkat waktu proses transaksi biaya tol.

Penerapan waktu transaksi di gerbang tol turun menjadi 0 detik, bila kegiatan transaksi gerbang tol dengan uang elektronik butuh waktu hingga sekitar 4 detik, sedangkan waktu transaksi dengan uang kartal adalah sekitar 10 detik lamanya.

Selain itu dengan menggunakan teknologi ini pihak BPJT dapat membuat biaya operasi jalan tol jadi lebih efisiensi. Sedangkan bagi pengguna jalan tol dapat meminimalisir bahan bakar kendaraan karena tidak perlu lagi berhenti dan mengantri di gerbang tol.

Penggunaan Global Navigation Satellite System (GNSS) sebenarnya sudah banyak diterapkan di negara-negara Eropa Timur termasuk Hongaria. Namun untuk saat ini di Indonesia sendiri penggunaan teknologi MLFF ini masih dalam tahap pengembangan.

Dikatakan bahwa Teknologi MLFF akan diuji coba di beberapa ruas jalan tol pada tahun ini dan ditargetkan dapat beroperasi 100% pada akhir tahun 2023. Pada saat itu, bayar tol tidak perlu pakai kartu lagi.


Sumber:detik.com


Posting Komentar untuk "Bayar Tol Tidak Pakai Kartu Lagi, Ini Penggantinya"