Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mendapatkan Asuransi Kesehatan dengan Harga Terjangkau

Asuransi kesehatan merupakan jenis perlindungan asuransi yang menanggung biaya medis, bedah, obat-obatan, dan sejenisnya untuk tertanggung atau pemegang polis. Asuransi kesehatan akan mengganti pengeluaran medis akibat sakit atau terluka, dan membayar biaya perawatan medis secara langsung.

Perlu Anda ketahui bahwa biaya pengobatan di Indonesia itu terbilang tidak murah. Untuk jenis penyakit tertentu, biaya pengobatan bahkan bisa menguras isi dompet Anda. Untuk itulah maka Anda perlu untuk memiliki proteksi keuangan dari risiko-risiko ini.


Tips Membeli Asuransi Kesehatan

Berikut ini adalah tips untuk membeli asuransi kesehatan:

1. Ikutlah asuransi sejak usia masih muda

Harga polis asuransi sangat dipengaruhi oleh usia tertanggung, sehingga pemegang polis asuransi yang masih berusia muda lebih berkesempatan untuk mendapatkan premi yang lebih murah. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar terjadi, karena perusahaan asuransi melihat orang yang berusia muda lebih rendah risikonya dibandingkan dengan yang berusia tua.

Selain itu, membeli polis asuransi pada saat berusia tua akan lebih mahal harganya dibandingkan saat berusia muda. Ada beberapa perusahaan asuransi yang memiliki batasan usia tertentu ketika seseorang ingin membeli polis asuransi seperti maksimal 65 tahun.

2. Pelajari isi polis asuransi dengan baik

Banyak orang yang tidak mau membaca isi polis asuransi dengan baik, sehingga ketika mengajukan klaim asuransi akan ditolak. Untuk itu Anda harus membaca dengan baik dan teliti setiap klausul yang ada dalam polis asuransi tersebut. Klausul adalah pasal-pasal yang terdapat dalam perjanjian polis asuransi yang harus dipatuhi pemegang polis dan perusahaan asuransi.

Perhatikan juga konteks pengecualian yang termuat dalam polis asuransi tersebut. Asuransi kesehatan umumnya memuat pengecualian pada risiko kesehatan yang timbul akibat kesalahan pemegang polis, seperti melakukan tindakan yang melawan hukum.

Pada asuransi kesehatan yang standar, sejumlah penyakit berat tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi, sehingga jika tertanggung mengalami hal tersebut maka harus menanggung biayanya sendiri.

3. Jangan cuma mencari premi murah

Sebelum Anda mencari asuransi yang paling murah, sebaiknya cermati dulu kelebihan dan kekurangan pada asuransi tersebut. Kenapa asuransi tersebut bisa murah? Cek ketentuan rawat inap, apa saja yang ditanggung oleh perusahaan asuransi tersebut. Cek juga berapa limit uang pertanggungan yang akan Anda dapatkan, dan biaya apa saja yang tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi tersebut. Harus dipastikan agar ketentuan uang pertanggungan yang Anda peroleh tidak terlalu rendah dengan biaya rumah sakit saat ini.

4. Selalu bandingkan dengan polis asuransi yang lain

Untuk mendapatkan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, maka perlu melakukan sedikit riset dengan membandingkan polis-polis asuransi pada perusahaan asuransi lainnya. Pada polis asuransi terdapat informasi hak dan kewajiban Anda dengan perusahaan asuransi, termasuk perlindungan dari penyakit apa saja yang ditanggung oleh perusahaan asuransi tersebut.

Ada asuransi yang mau menanggung biaya kesehatan di luar negeri atau dengan cakupan negara tertentu, tetapi ada pula asuransi yang hanya mau menanggung biaya pengobatan di dalam negeri saja.


Posting Komentar untuk "Tips Mendapatkan Asuransi Kesehatan dengan Harga Terjangkau"