Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Perbedaan Emas Antam vs UBS

Emas banyak digunakan sebagai standar keuangan di banyak negara, selain itu emas juga bisa digunakan sebagai perhiasan, dan elektronik. Emas digunakan dalam bidang moneter berupa bulion atau batangan emas dalam berbagai satuan berat mulai dari gram hingga kilogram.

Bila Anda tertarik untuk berinvestasi dalam bentuk emas batangan, ada dua merek yang sangat umum tersedia di pasar logam mulia di Indonesia. Merek tersebut adalah emas Antam dan UBS, kali ini saya akan membahas perbedaan antara emas Antam dan UBS.


Emas Antam

Logam mulia Antam merupakan emas yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk yang merupakan perusahaan pertambangan yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh pemerintah dan publik. Perusahaan yang berdiri sejak  5 Juli 1968 ini memiliki kegiatan eksplorasi, penambangan, pengolahan serta pemasaran sumber daya mineral.

1. Ukuran Berat Emas Antam

Produk emas batangan Antam memiliki ukuran 0,5 gram hingga 1.000 gram.

2. Ukuran Dimensi Emas Antam

Ukuran dimensi emas batangan Antam lebih kecil dan tebal jika dibandingkan dengan produk UBS.

3. Harga Emas Antam

Harga emas batangan Antam mengalami naik turun sesuai dengan harga pasaran, tetapi harga emas Antam relatif lebih tinggi dibandingkan harga emas UBS.

Berikut ini contoh harga logam mulia batangan Antam per tanggal 2 Februari 2022:

  • 0,5 gram Rp 526.500
  • 1 gram Rp 953.000
  • 2 gram Rp 1.846.000
  • 3 gram Rp 2.744.000
  • 5 gram Rp 4.540.000
  • 10 gram Rp 9.025.000

4. Sertifikat Emas Antam

Sertifikat emas Antam keluaran terbaru menyatu dengan kemasannya atau terlaminating, selain itu emas Antam sudah bersertifikat LBMA (London Bullion Market Association) sehingga mudah dijual di negara manapun.


Emas UBS

Logam mulia UBS merupakan emas yang diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera yang merupakan perusahaan swasta pembuat berbagai perhiasan emas yang sudah berdiri sejak tahun 1981 di Surabaya.

1. Ukuran Berat Emas UBS

Produk emas batangan UBS memiliki ukuran 0,1 gram hingga 100 gram.

2. Ukuran Dimensi Emas UBS

Ukuran dimensi emas batangan UBS lebih lebar dan tipis jika dibandingkan dengan produk Antam.

3. Harga Emas UBS

Harga emas batangan UBS mengalami naik turun sesuai dengan harga pasaran, tetapi harga emas UBS relatif lebih rendah dibandingkan harga emas Antam.

Berikut ini contoh harga logam mulia batangan UBS per tanggal 2 Februari 2022:

  • 1 gram Rp 940.000
  • 5 gram Rp 4.536.000
  • 10 gram Rp 8.960.000

4. Sertifikat Emas UBS

Sertifikat emas UBS hanya berupa sertifikat nasional yang dikeluarkan oleh PT UBS sendiri. Untuk pecahan emas ukuran paling kecil hingga 4 gram, sertifikatnya berbentuk kertas dengan emas terlaminasi di dalamnya yang menyerupai bentuk SIM Card.


Posting Komentar untuk "Pengertian dan Perbedaan Emas Antam vs UBS"