Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas

Investasi emas dianggap sebagai salah satu bentuk investasi yang menjanjikan serta bisa memberikan keuntungan yang menarik. Banyak investor yang menganggap bahwa harga emas akan selalu naik, anggapan ini tidak selalu benar dan juga salah. Sebagai contoh di masa pandemi Covid-19 ini harga emas mengalami peningkatan yang cukup signifikan.


Keuntungan Investasi Emas

Berikut ini adalah keuntungan dalam berinvestasi emas:

1. Harga emas cenderung stabil

Nilai aset emas memiliki kecenderungan untuk tetap stabil dari waktu ke waktu. Salah satu penyebab harga emas yang cenderung stabil adalah karena adanya permintaan dan penawaran yang cukup banyak.

2. Emas mudah dijual

Investasi emas memberikan keleluasaan bagi investor untuk mencairkan harta mereka kapan pun dengan cara yang mudah. Bila investor membutuhkan uang tunai, maka emas mudah dijual untuk ditukarkan sebagai uang tunai.

3. Emas sebagai pelindung aset

Di saat pandemi Covid-19 ini, biasanya investor melihat emas sebagai tempat yang aman di tengah ketidakpastian politik dan ekonomi. Setiap kali ada ketidakpastian ekonomi global, maka investor akan membeli emas sebagai pelindung aset yang cukup aman.


Kerugian Investasi Emas

Berikut ini adalah kerugian dalam berinvestasi emas:

1. Emas bisa hilang

Ada kemungkinan bagi investor untuk kehilangan emasnya karena dicuri oleh maling atau perampok.

2. Harga emas fluktuatif

Harga emas di pasar ditetapkan oleh pasar internasional, oleh karena itu setiap ada keputusan organisasi dunia maka akan membuat harga emas naik atau turun. Selain itu nilai tukar pada mata uang dolar AS juga turut andil dalam fluktuasi harga emas.


Posting Komentar untuk "Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas"